Tips Rumah Berbahan Kayu Tak Di Serang Rayap

 

 

Memiliki rumah yang sejuk, aman dan nayaman menjadi dambaan setiap orang. Salah satu perwujudannya dengan membangun rumah dari kayu. Rumah yang terbat dari kayu akan membuat suhu ruangan menjadi lebih hangat, dari luar pun tampak indah. Akan tetapi, masalah akan datang saat musim penghujan tiba. Suhu yang lembab dan basah akan mengundang rayap berkembang bisak dan bersarang dalam rumah. Kayu yang bukan anti rayap bila dibiarkan akan menggerogoti rumah dan perabotan lainnya. Hal ini tentu sangat merugikan Anda sebagai pemilik rumah. Dengan demikian, Anda perlu melindungi rumah dari ancaman rayap dengan menerapkan berbagai tips sebagai berikut.

  1. Melindungi bangunan

Langkah pertama untuk melindungi rumah kayu dari serangan rayap adalah memebrikan cairan anti rayap yang disemprotkan ke bangunan. Anda apat menyemprotkan cairan terebut di tiang rumah, plafon, dinding, lantai, atap dan bagian lainnya. Sebelumnya, Anda perlu konsultasi dahulu kepada ahlinya.

  1. Membersihkan saluran air

Tempat yang lembab adalah kesukaa rayap untuk berkembangbiak. Olehs sebab itu, Anda perlu membersihkan beberapa saluran air di sekitar rumah Anda. Misalnya selokan. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya rayap yang berkembang biak semakin banyak.

  1. Segera perbaiki kran rusak

Kran kayu yang rusak membuat rumah menjadi lembab. Hal ini tidak bisa dibiarkan. Anda harsu mengganti kran tersebut dengan yang baru agar tidak memicu kedatangan rayap.

  1. Menggunakan kayu berkualitas

Kualitas kayu yang digunakna untuk membangun rumah juga perlu diperhatikan. Kayu yang berkualitas tentu  jauh lebih baik daripada kayu yang tidak berkualitas. Akan tetapi, harga yang ditawarkan juga perlu dipertimbangkan. Bisanya kayu yang berkualitas memiliki harga lebih mahal.

  1. Membersihkan ventilasi

Membersihkan ventilasi dari serpihan-serpihan kayu perlu Anda lakukan untuk menghindari adanya rayap. Ada bisa membersihkan ventilasi secara teratur setiap minggu.

 

Perawatan terhadap rumah berbahan dasar kayu memang harus dilakukan secara rutin. Untuk menghindari ancaman rayap dan terbtentuknya sarang rayap, Anda perlu menjaga kebersihan baik dan didalam maupun diluar rumah. Apabila rumah Anda terlanjur menjadi sarang rayap, maka fumida dapat mengatasinya. Buktikan hasilnya.

 

Leave a Comment