Pentingnya Tidur yang Berkualitas dalam Fitnes Anda

Latihan beban , mengkonsumsi suplemen fitnes secara teratur dan menata pola santap (diet) seimbang, memang paling penting untuk pertumbuhan otot Anda. Namun, terdapat satu aspek lagi yang tak kalah urgen yang pun perlu kita perhatikan, yakni mendapatkan istirahat yang berkualitas. Sangat urgen untuk dicerna bahwa andai Anda hendak mendapatkan perkembangan otot optimal dengan cepat, Anda mesti lumayan tidur masing-masing malam.

Tidur malam yang lumayan juga berperan urgen dalam program Anda sebab ketika tidur, tubuh bakal memproduksi hormon perkembangan otot atau Growth Hormone (GH). Selain tidak cukup menguntungkan untuk pertumbuhan otot, masih tidak sedikit dampak yang tidak cukup baik andai Anda tidak cukup tidur. Apa saja?

  1. Pemulihan Otot Jadi Lebih Lama

Perkembangan otot memang bakal terganggu bilamana waktu istirahat Anda pun terganggu. Pasalnya, otot cepat pulih dan berkembang pun tergantung pada waktu istirahat Anda (di samping asupan nutrisi). Semua terjadi di luar gym. Setelah otot rusak sebab latihan yang keras, jaringan otot akan mencairkan diri pada ketika Anda tidur. Bukan melulu otot yang memulihkan, tapi pun sistem saraf, sendi, dan sistem kekebalan tubuh.

  1. Kekuatan Otot Menurun

Dampak jasmani dan mental bakal Anda rasakan andai Anda tidak cukup tidur. Hal ini pasti saja akan memprovokasi kekuatan otot kita yang tentunya bakal merugikan bilamana Anda mengerjakan program pembentukan otot sebab performa pelajaran Anda dapat menurun.

  1. Produksi Hormon Pertumbuhan Terganggu

Ketidakseimbangan hormon bakal terjadi bilamana Anda tidak cukup tidur. Seperti hormon kortisol, testosteron, hormon pertumbuhan, dan insulin. Pasalnya, hormon-hormon itu sangatlah urgen untuk perkembangan otot Anda. Masing-masing hormon memiliki faedah dalam menolong pertumbuhan otot Anda. Jika terjadi ketidakseimbangan level hormon tersebut, maka tentunya perkembangan dan pertumbuhan otot Anda juga ikut terganggu.

Hormon perkembangan misalnya, yang dicungkil ketika anda sedang tidur, sehingga andai kita tidak cukup tidur, kadar hormon ini bakal menurun. Padahal hormon ini mempunyai peran urgen dalam regenerasi tubuh Anda, serta menumbuhkan dan merawat jaringan otot yang telah ada. Sebuah studi melafalkan bahwa tidak cukup tidur bisa menurunkan tingkat testosteron sampai 15%. Menurunnya testosteron juga dominan terhadap tingkat kesehatan pada pria, khususnya kesehatan seksual. Studi ini menyatakan bahwa dengan menurunnya kadar testosteron, menurun pula libido, energi, dan tingkat fokus pada pria.

Bahkan dalam permasalahan tertentu, menurunnya testosteron dapat mengakibatkan kelelahan. Di samping berperan untuk pertumbuhan otot, testosteron pun mempunyai peran yang urgen dalam mengawal kepadatan tulang. Maka dari tersebut tidak heran bila tidak sedikit pria yang berusia di atas 40 tahun ingin mengalami keropos tulang sebab produksi testosteron menurun sejumlah 1-2% tiap tahun.

  1. Bisa Membuyarkan Tingkat Konsenstrasi Anda

Satu lagi kekurangan andai Anda tidak mempunyai tidur yang berkualitas. Yakni tingkat fokus Anda bisa menurun. Jadi saat Anda tidak cukup tidur, konsenstrasi Anda bakal kacau pada ketika beraktivitas. Termasuk fokus Anda saat latihan.

a. Jadikan Tidur Sebagai Rutinitas

Ada baiknya andai Anda mulai disiplin untuk merealisasikan jam tidur. Mulailah istirahat pada jam yang sama masing-masing harinya sekitar lebih tidak cukup 8 jam per malam.

b. Matikan Perangkat Elektronik

Sebuah riset yang dilaksanakan di Ohio State University sekitar empat minggu mengejar bahwa penyampaian cahaya produksi dari smartphone, laptop, tablet, atau televisi dapat menciptakan lesu dan depresi. Sementara riset dari Lighting Research Center (LRC) di Rensselaer Polytechnic Institute pada 2012 lalu menuliskan bahwa penyampaian cahaya dari perlengkapan elektronik dapat mengakibatkan penekanan melatonin, yakni hormon yang menolong tubuh menjaga ritme sirkadiannya.

c. Stop Kafein Jauh Sebelum Jam Tidur Anda

Jika kita suka minum kopi, gantikan kopi kita ke kopi decaffeinate dan konsumsilah maksimal jam 4 senja atau sebelumnya. Apabila kita mengonsumsi kafein pada malam hari dapat membuat kita merasa gelisah saat sudah menginjak jam istirahat dan pasti akan mengganggu kita mendapatkan istirahat yang berkualitas. Karena itu, usahakan mengonsumsi kafein saat masih senja hari.

d. Jangan Berolahraga Mendekati Jam Tidur

Satu jam sebelum tidur, hindari mengerjakan segala jenis kegiatan yang memerlukan Anda untuk beranggapan keras dan berkonsentrasi. Termasuk pelajaran yang terlampau mepet dengan jadwal tidur. Nah, andai Anda kendala untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas, maka pertumbuhan otot Anda pun akan terganggu. Karena tersebut sangat penting untuk Anda guna memilikinya dengan melakukan sejumlah tips di atas. Bila butuh tambahkan suplementasi ZMA dari Ultimate Nutrition supaya mendapat guna suplemen yang maksimal dan goal fitnes kita segera tercapai.

 

Leave a Comment