Makanan Khas Maluku yang Terkenal Hingga Mancanegara

Indonesia adalahnegara dengan sejuta keindahan, suku dan budaya. Semua distrik di Indonesia mempunyai karakteristik masing-masing yang membedakan wilayah satu dengan wilayah yang lain.

Salah satu wilayah Indonesia yang mempunyai karakteristik yaitu Maluku. Kota yang menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya ini adalahsalah satu wilayah yang familiar dengan pulau-pulaunya yang estetis dan makanan khasnya yang berbahan dasar ikan.

Makanan Khas Dari Maluku
Berita Maluku memang familiar dengan sagu sebagai makanan pokoknya yang dipadukan dengan ikan. Makanan khas Maluku tersebut memiliki cita rasa tersendiri dan tentunya belum pasti ditemukan di distrik lain di Indonesia. Misalnya di Pulau Bali dan Jawa.

Adapun makanan yang menjadi karakteristik Kota Maluku yang mesti Anda jajaki antara lain:

Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda adalahmakanan pribumi dari Kepulauan Banda, Maluku. Makanan ini dahulu disajikan guna tamu-tamu urgen yang berangjangsana ke Maluku dan menjadi sajian utama.

Ikan ini dibumbui dengan sekian banyak jenis rempah yang dapat menggugah selera dan dapat memberi rasa segar ketika memakannya. Ditambah lagi bumbu pala yang dapat menambah kuah ikan semakin nikmat dan lezat.

Makanan Khas Maluku: Gohu Ikan

Gohu ikan adalahmakanan yang sejenis dengan makanan khas Jepang yakni sashimi. Bahkan masyarakat lebih mengenal Gohu ikan sebagai sashimi Ternate.

Ikan yang dipakai adalahikan tuna yang familiar dengan kandungan gizinya yang tinggi.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Daging ikan tuna dicukur kecil-kecil. Pastikan ikan yang dipakai adalahdaging tuna segar.

Kemudian jeruk nipis, daun kemangi, minyak kelapa, garam, dan cabe rawit yang diiris kecil campurkan dengan ikan tuna tadi.

Aduk sampai semua bumbu bercampur jadi satu. Supaya lebih nikmat tambahkan kacang tanah goreng yang telah ditumbuk kasar.

Masakan Khas Maluku: Papeda

Makanan khas Maluku lainnya ialah Papeda. Makanan itu berbahan dasar dari sagu. Papeda sebenarnya adalahbubur sagu karena diciptakan dari tepung sagu yang dilarutkan dengan air panas.

Saat mencampurnya, tepung sagu mesti seraya diaduk agar papeda mempunyai tekstur yang lembut dan mengental.

Papeda sendiri disajikan dengan ikan kuah pala Banda atau ikan kuah kuning. Untuk merasakan papeda tidak perlu memakai sendok.

Anda langsung santap dengan memakai tangan. Bagi mengambilnya mesti memakai sumpit agar lebih mudah sebab tekstur papeda yang lengket.

Bagi yang hendak diet, papeda sangat sesuai dan dinilai lebih sehat dikomparasikan dengan nasi putih.

Sagu Woku Komo-Komo

Sagu woku komo-komo adalahmakanan khas Maluku yang paling unik. Anda tentu sudah menyadari bila makanan ini berbahan dasar sagu.

Di samping itu, serai, jahe, bawang putih, dan jeroan ikan menjadi bahan pelengkap makanan ini. Sebagi pembungkus, makanan ini memakai daun woku.

Di Maluku sendiri, daun woku adalahdaun yang dipakai untuk membungkus sekian banyak jenis makanan.

Nasi Lapola

Makanan selanjutnya ialah nasi lapola. Makanan ini menjadi sesuatu yang menarik sebab ternyata masyarakat Maluku terdapat yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.

Bahan yang dipakai untuk menciptakan makanan khas Maluku ini ialah beras putih, kacang tolo, jeruk nipis, cabai, dan kelapa muda parut.

Sambal Colo-Colo

Sambal colo-colo ialah makanan pelengkap atau pendamping layaknya sambal-sambal pada umumnya. Tidak menyeluruh rasanya santap tanpa sambal.

Semua percaya bila sambal adalahpelengkap santap yang semakin dapat menggugah selera. Bahan yang dipakai untuk membuatnya ialah tomat muda, jeruk nipis, cabe rawit, bawang merah, dan garam.

Cara membuatnya paling mudah. Cukup dengan membaur semua bahan tadi lantas tambahkan tidak banyak air hangat.

Leave a Comment