Cara Mendesain Blog Agar Tampil Keren dan Menarik

Berikut kami hadirkan teknik desain blog supaya website kita mempunyai tampilan yang canggih dan unik sesuai dengan jenis situs yang kita miliki. Setiap tipsnya dapat Anda ikuti dengan gampang dan langsung kita praktekkan di situs Anda.

1. Tetapkan destinasi dulu!
Sebelum beranggapan mau menggunakan warna apa, font apa, headernya laksana apa, hal sangat kesatu yang mesti Anda kerjakan dalam mendesain blog ialah menetapkan destinasi blog terlebih dahulu.

Mengapa destinasi blog urgen dalam desain blog? Sebab destinasi yang hendak Anda capai ialah dasar dalam menilai desain blog secara keseluruhan. Apakah destinasi blog Anda guna berbagi kisah perjalanan? Atau kita akan memenuhi blog dengan tutorial teknologi?

Ketahui destinasi yang hendak Anda capai terlebih dahulu, lantas Anda dapat lanjut menyimak poin sesudah ini.

2. Struktur Blog
cara desain blog struktur blog
Setelah memahami tujuan blog Anda, tahapan penting selanjutnya yang butuh Anda pahami ialah tentang struktur blog. Gambar di atas ialah struktur blog pada umumnya, terdapat header, sidebar, konten utama, dan footer. Setiap blogger bisa memodifikasinya cocok selera dan keinginan.

Apa saja isi dari masing-masing bagian blog? Berikut penjelasannya.

Di unsur header, seringkali diisi oleh judul atau nama blog beserta pemaparan singkat mengenai blog. Menu navigasi dan kolom pencarian seringkali juga terletak di unsur ini.

Kemudian di unsur sidebar, Anda dapat mengisinya dengan profil media sosial, tulisan terpopuler, tulisan rekomendasi, dokumentasi artikel, atau tombol subscribe blog.

Bagian selanjutnya ialah konten utama. Konten utama tentu dipenuhi oleh artikel-artikel yang kita tulis.

Terakhir ialah bagian footer. Di unsur footer Anda dapat mengisinya dengan disclaimer, privacy policy, kontak Anda, atau tombol share media sosial.

3. Tampilkan Deskripsi Singkat
Pertama, pastikan kita memiliki pemaparan singkat tentang blog Anda. Biasanya pemaparan singkat ini sedang di bawah judul atau nama blog. Misalnya, blog Anda ialah blog tekno, deskripsinya dapat seperti ini, “Blog yang menjabarkan semua mengenai teknologi”.

Di tahapan ini kreativitas kita mulai diuji. Anda butuh mengungkapkan mengenai keseluruhan blog dalam suatu kalimat singkat. Mengapa kalimat pemaparan blog mesti singkat? Sebab pengunjung Anda butuh tahu blog apa yang sedang mereka baca.

Deskripsi singkat tidak melulu penting guna blog secara keseluruhan, tetapi pun untuk setiap tulisan atau konten blog. Dengan begitu, pembaca dapat mengetahui secara singkat tulisan seperti apa yang bakal mereka baca, sebelum mengurangi tombol “Read More”

4. Navigasi Mudah dan Sederhana
Ketika pembaca Anda hendak membaca satu topik tertentu dari blog Anda, menu mana yang mesti mereka klik? Jika mereka hendak membaca tulisan yang keluar dua tahun sebelumnya, menu mana yang mesti mereka pilih? Kalau pembaca hendak mengetahui siapa empunya blog, tombol mana yang mesti mereka klik?

Intinya ialah Anda mesti menciptakan navigasi yang simpel dan mudah dicerna semua orang. Hal ini mempermudah pengunjung blog guna berpindah-pindah dari satu laman ke laman lain, dari satu tulisan ke tulisan lain, dari satu tag ke tag lain.

Jika pengunjung dapat dengan mudah menyimak blog Anda, pasti mereka akan menguras waktu lebih lama sampai-sampai tentu saja menguntungkan kita sebagai empunya blog. Jangan menciptakan navigasi yang rumit, lagipula jika tujuannya melulu untuk “terlihat keren”. Desain blog canggih yang bahwasannya terletak pada fasilitas pengunjung dalam menavigasikan blog Anda.

5. Memakai Slider? Coba Dipertimbangkan Lagi!
Mungkin pernah terpikir bila memakai slider di blog ialah suatu urusan yang keren. Namun, kita usahakan melemparkan jauh-jauh rencana tersebut. Berdasarkan keterangan dari sebuah penelitian, melulu 1 persen pengunjung yang mengklik konten di slider. Sekali lagi, melulu satu persen. Itu dengan kata lain jika terdapat 100 pengunjung, melulu 1 pengunjung yang mengklik slider Anda.

Slider memang tampak keren, namun tidak efektif dan efisien. Tentu kita tidak inginkan mengorbankan 99 pengunjung blog melulu untuk satu pengunjung, bukan?

Terlebih lagi, slider memakan masa-masa lama guna loading sampai-sampai akan dominan buruk ke page loading blog Anda. Hal terburuknya ialah menurunnya kinerja SEO kita yang diakibatkan oleh page loading yang lambat.

Di samping itu, tidak seluruh slider telah dioptimisasi guna versi mobile. Jadi tidak memakai slider ialah langkah terbaik guna desain blog Anda.

6. White Space tersebut Penting
Sebelum pusing-pusing memilih warna, terdapat satu hal urgen yang mesti kita perhatikan, yakni white space. Apa tersebut white space? Meminjam istilah dari Computer Hope, white space ialah bagian dari suatu desain yang tidak digunakan.

Secara sederhana, white space ialah ruang kosong di desain blog Anda. Keberadaan white space ini penting supaya blog kita tidak terlihat terlampau ramai. White space pun membantu pembaca supaya lebih gampang dalam menyimak artikel-artikel blog.

7. Tampilkan Profil Media Sosial
Profil media sosial pun adalahkomponen urgen di desain blog. Jangan tak sempat untuk memperlihatkan profil-profil media sosial kita di unsur sidebar atau footer supaya pembaca dapat mengetahui siapa empunya blog yang mereka kunjungi.

Leave a Comment