Cara Ganti Nama Dipengadilan

 

 

Katanya, nama ialah doa. Lewat nama pun seseorang dapat dikenal luas. Ada pun yang bilang bila nama tersebut mencerminkan perilaku si empunya nama. Betapa krusialnya suatu nama ini membuat tidak sedikit orangtua kerap keadaan bingung memberi nama anaknya. Tapi ternyata nggak sedikit pun yang asal-asalan memilih nama bikin anaknya. Kalian masih ingat nggak terdapat orang yang namanya Kentut? Bulan April kemudian akhirnya pengadilan mengabulkan permohonannya mengubah nama jadi Ihsan Hadi, sesudah bertahun-tahun dia jadi bahan bercandaan teman-temannya.

 

Para selebritas tanah air pun sering lho diberitakan mengubah namanya secara sah lewat jalur hukum. Sebut aja Annisa Tri Hapsari, Nia Ramadhani, Ian Kasela, dan yang teranyar ini pasangan fenomenal Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. Banyak dalil yang melatarbelakangi public figure ini mengolah namanya, mulai sebab artinya, hingga biar hoki aja. Nggak kayak yang barangkali dibayangin tidak sedikit orang, ternyata formalitas mengubah nama terbilang lumayan simpel lho. Nih, Hipwee News & Feature udah mencakup infonya guna kamu.

 

  1. Sama kayak bila mau ngurus-ngurus administrasi pada umumnya, urusan kesatu yang harus disiapkan orang bila mau ganti nama ialah dokumen-dokumen pribadi

Siapapun yang inginkan Ganti nama di pengadilan, urusan kesatu yang mesti dilakukan ialah menyiapkan dokumen-dokumen. Kalau menurut keterangan dari pasal 93 ayat (2) Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 mengenai Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, dokumen-dokumen yang diperlukan adalah:

 

  1. Fotokopi KTP

 

  1. Fotokopi KK

 

  1. Fotokopi akta kelahiran

 

  1. Fotokopi akta nikah

 

Tapi anda juga dapat menyertakan dokumen penyokong kayak ijazah atau paspor. Jangan tak sempat bawa pun dokumen aslinya ya, biar dapat diverifikasi sekalian.

 

  1. Di samping dokumen-dokumen penting, pemohon pun harus menyiapkan surat permohonan yang isinya dalil kenapa pengen ganti nama. Alasannya mesti yang masuk akal ya

Nggak hanya dokumen-dokumen yang udah disebutin di atas aja yang perlu anda siapkan. Pemohon peralihan nama pun perlu menciptakan surat permohonan yang isinya mencantumkan dalil kenapa kok namanya pengen diganti. Jelaskan secara menyeluruh alasannya, contohnya karena dengan kata lain kurang bagus, supaya lebih gampang dikenal, dan lain-lain. Ingat ya, jangan berdusta soal dalil ini, soalnya nanti pihak pengadilan akan minta saksi bikin meyakinkan bila perubahan nama emang butuh dilakukan.

 

 

  1. Setelah dokumen yang diperlukan siap, pemohon langsung datang aja ke pengadilan negeri setempat. Jangan lupa guna menyiapkan uang ongkos persidangan

Setelah seluruh dokumen siap, anda tinggal datang aja ke pengadilan negeri setempat. Biasanya anda akan diminta mengisi eksemplar isian pergantian nama dan menyerahannya ke Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi Pelaksana. Jangan tak sempat siapkan 2 nama yang akan anda bawa sebagai saksi di persidangan nanti. Oh ya, saksi mesti telah berusia di atas 17 tahun dan punya KTP ya. Kamu dapat mengajak orangtua atau keluargamu bikin jadi saksi.

 

Siapkan pun uang untuk ongkos persidangan. Kayaknya sih tiap pengadilan beda-beda tarifnya. Bagi lebih jelasnya barangkali kamu dapat buka website setiap pengadilan atau tanya langsung ke sana. Kalau udah semua, tinggal menantikan jadwal sidang yang udah ditentukan aja~

 

  1. Datang ke persidangan cocok jadwal yang ditentukan. Jangan lupa membawa saksi dan dokumen-dokumen pendukung

 

Nah, ketika waktu sidang tiba, anda perlu membawa dokumen-dokumen penyokong serta 2 orang saksi yang udah anda tentukan sebelumnnya. Katanya sih proses sidang tersebut nggak lama, soalnya ya emang bukan sidang pidana sih. Kamu dan 2 saksi bakal ditanya hakim tentang dalil perubahan nama yang dimaksud. Kalau alasannya udah jelas, tentu proses sidang bakal lebih lancar.

 

  1. Terakhir, bermukim tunggu hasil persidangan terbit deh. Kalau permohonan sah dikabulkan, bermukim mengurus peralihan nama dokumen-dokumen yang beda deh

Setelah sidang, anda tinggal menantikan hasil persidangan sejumlah hari setelahnya. Nanti anda akan dikabari dan diminta ke daftar sipil 30 hari sesudah menerima informasi hasil keputusan sidang. Bagi akta kelahiran, seringkali kamu nggak bakal dapat yang baru. Tapi tidak boleh khawatir sebab di dalam aktamu bakal dicantumkan daftar pinggir oleh petugas daftar sipil tentang evolusi namamu.

 

Kalau namamu telah resmi berganti, saatnya mengurus administrasi lainnya, laksana mengubah nama di KTP, ijazah, KK, dan dokumen urgen lainnya.

 

Persyaratan Ganti Nama/Tambah Nama/ Perbaikan Nama Bagi Anak Di Bawah Umur

 

  1. Fotokopi KTP Pemohon (KTP Orang Tua);

 

  1. Fotokopi Kartu Keluarga;

 

  1. Fotokopi Akta Lahir Anak;

 

  1. Fotokopi Surat Nikah/ Akta Perkawinan;

 

  1. Buat Surat Permohonan ditujukan untuk Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih;

 

  1. Membawa 2 (dua) orang saksi beserta surat-surat pribumi pada ketika sidang.

 

Leave a Comment